Senin, 22 Februari 2010

The Master Mengembangkan Magic Indonesia

Artikel ini disubmit oleh Hendro Santoso, peserta The Festival of Wikumagic

The Master Mengembangkan Magic Indonesia



Magic adalah seni yang sudah ada sejak dulu. Sampai sekarang, telah banyak pesulap yang sudah menjadi fenomena bahkan legenda. Sebut saja Harry Houdini dengan ‘escapologist’nya, David Copperfield dengan aksi ilusinya, sampai Criss Angel dengan aksi ekstrimnya. Semua magician tersebut telah berhasil membuat banyak mata terkesima dan menyuaki magic. Sampai – sampai sebagian orang tertipu, dengan beranggapan bahwa magic adalah iilmu yang berhubungan dengan hal – hal mistis dan gaib.

Padahal apabila kita bisa menggunakan akal sehat dalam berpikir, maka semua kejadian yang kita lihat sebenarnya dapat dijelaskan dan dibuktikan secara ilmiah. Itulah seni magic, seni dari segala seni. Karena di dalam seni sulap, mempunyai banyak ilmu pengetahuan seperti : fisika, kimia, matematika, psikologi, teknologi, dll. Ilmu – ilmu itulah yang dimanfatkan oleh para magician dunia dalam berbagai shownya.

Lalu bagaimana dengan perkembangan magic di Indonesia ? Tak bisa dibantah lagi, Indonesia mempunyai magician hebat yang mampu membuat label seni magic menjadi lebih besar. Ya, Deddy Corbuzier. Dia telah berhasil membawa sulap dari sekedar hiburan di panggung ulang tahun ke panggung show yang megah. Lewat acaranya, The Master, Deddy berusaha membuat masyarakat Indonesia menjadi lebih tertarik terhadap dunia sulap. Sang Master Mentalist ini juga ingin mencari magician berbakat yang akan meneruskan usahanya guna memajukan seni magic Indonesia. Dari acaranya tersebut, telah lahir master – master baru seperti Joe Sandy dan Limbad.

Acara The Master memang telah berhasil merebut perhatian masyarakat. Dari orang dewasa hingga anak – anak. Terbukti diadakan pula acara The Master Junior untuk mencari bibit – bibit muda dalam dunia magic Indonesia. Walaupun demikian, acara tersebut tetap melahirkan pro dan kontra. Bahkan dari yang kontra, ada yang mengklaim bahwa acara tersebut haram. Hal ini kembali lagi kepada masyarakat Indonesia yang mudah sekali menghubungkan sesuatu dengan hal – hal gaib.

Di sisi lain The Master telah menciptakan semangat baru bagi para pesulap. Bahkan banyak sekali orang yang mulai ingin belajar sulap setelah menyaksikan acara TM. Berbagai cara mereka lakukan untuk bisa menguasai sulap. Salah satunya lewat internet. Karena setelah TM naik daun, semakin banyak website – website tentang sulap lahir. Mulai dari mengajarkan trik – trik sulap gratis, membongkar rahasia sulap – sulap besar, dan menjual gimmick dan dvd sulap. Tak heran jika sekarang semakin banyak orang – orang yang bermain sulap. Dari sekedar cuma iseng sampai yang mempunyai cita – cita menjadi magician professional. Sebagian besar karena pengaruh positif The Master.

Tapi, seperti makanan, orang juga akan merasa bosan apabila selalu makan makanan yang sama. Tak menutup kemungkinan juga jika nanti animo masyarakat menurun terhadap dunia magic. Begitu juga terhadap orang – orang yang belajar sulap. Tapi jusru itulah yang akan membuktikan siapa yang benar – benar belajar / bermain sulap karena kecintaannya terhadap dunia magic, dan siapa yang hanya sebagai magician musiman saja. Waktulah yang akan menjawabnya. Dan ini juga menjadi motivasi tersendiri buat para magician – magician seperti Deddy Corbuzier dan Rommy Rafael supaya masyarakat tidak mudah bosan terhadap seni magic.

Kita tunggu saja bagaimana perkembangan dunia magic di Indonesia nanti…

Jika anda menyukai trik ini, mohon kunjungi link sponsor di bawah untuk mendukung kelangsungan blog Wikumagic

0 komentar:

Posting Komentar

 
;