Kamis, 03 Februari 2011

Musik Untuk Video Magic

Banyak email maupun message Facebook ke saya yang menanyakan tentang cara memilih musik yang tepat untuk video magic ataupun card flourish.  Oleh karena itu, saya pun berpikir untuk membuat artikel tentang cara memilih musik untuk video magic, terutama untuk video-video yang diupload ke Wikumagic.  Biasanya, untuk menggabungkan musik dan video, saya memerlukan software berikut ini  :

1.  Ulead Video Studio
Program video editor yang menurut saya paling mudah dipelajari, dengan efek yang lumayan bagus.

2.  Total Video Converter
Diperlukan untuk mengubah format berbagai macam file video maupun audio.  Untuk video kualitas Youtube, biasanya saya mencoba mengconvertnya ke format .mov dengan ukuran tidak lebih dari 20 MB.


Hal-hal yang diperlukan untuk memilih musik untuk video magic maupun card flourish  :

1.  Sesuaikan musik anda dengan tema yang video.  Jika magic anda bertema romantis dan pelan, pilih lagu-lagu tentang cinta yang lembut di telinga.  Jika magic anda bernuansa keras dan ekstrim, anda bisa memilih lagu bertempo cepat dan keras, contohnya adalah themesong "Mindfreak" yang dipakai Criss Angel.

2.  Sesuaikan musik dengan tempo permainan.  Terutama untuk video card flourish, keserasian antara tempo permainan dan tempo musik sangat penting untuk menghasilkan suatu video yang bagus.  Jika trik atau move anda cepat, pilih musik bertempo "fast beat".  Jika permainan anda terkesan elegan dan manis, pilih lagu yang sedikit lambat dengan tempo sedang.

3.  Gunakan musik bertipe instrumental (tanpa vokal).  Walaupun terkadang menggunakan musik dengan vokal bisa mempercantik video, menggunakan musik instrumental jauh lebih aman.  Alasannya, konsentrasi penonton lebih tertuju ke video anda, bukan ke vokal dalam lagu.  Penggunaan musik instrumental sangat disarankan apabila anda memainkan trik yang memerlukan konsentrasi tinggi atau partisipasi dari penonton, serta memuat banyak penjelasan dan cerita.


Di mana anda bisa mendapatkan musik-musik yang cocok untuk video anda?

Jawaban saya satu : Youtube.  Di situs www.youtube.com tersedia jutaan musik yang cocok untuk video magic.  Untuk cara download video dari youtube dan mengconvertnya menjadi mp3, silakan anda cari caranya di Google, pasti akan ada banyak metode alternatif.  Biasanya, kata kunci yang saya gunakan untuk mencari musik untuk video magic adalah "instrumental", "fast/slow beat", "remix", atau "classic".

Contohnya, saya memiliki sebuah video sulap bertemakan cinta, dengan tempo permainan pelan.  Saya akan memasukkan kata kunci pencarian "romantic instrumental slow beat" di Youtube.

Contoh lain, saya memiliki sebuah video card flourish dengan tempo sangat cepat dan saya ingin memasukkan nuansa rock di dalamnya.  Kata kunci yang saya pakai bisa berupa "fast guitar rock beat" atau "fast rock drum beat"

Intinya, banyaklah bereksplorasi dan menjelajahi musik-musik instrumental hasil pencarian anda di Youtube.  Berikut adalah contoh beberapa beat yang cocok dimasukkan ke dalam video magic.






Satu poin penting, jangan lupa untuk mencantumkan dalam video anda, siapa kreator musik yang anda gunakan, untuk setidaknya menghargai hak cipta pembuatnya.  Keep doing magic!
Kunjungi dan berpartisipasilah dalam voting magician Internasional terbaik di link berikut ini   :

0 komentar:

Posting Komentar

 
;