Senin, 06 Desember 2010

Interview With Female Magician and Card Flourisher, Ekaterina

Artikel tentang Ekaterina Dobrokothova di blog Wikumagic beberapa waktu yang lalu (bisa anda baca di link INI) ternyata mendapat respon positif dari sang magician yang bersangkutan. Setelah mengobrol beberapa lama via Facebook, akhirnya kami memutuskan untuk mengadakan interview untuk blog Wikumagic. Interview ini sedikit banyak juga berhubungan dengan artikel "Indonesian Female Card Flourisher", di mana Ekaterina berharap lahirnya lebih banyak Card Flourisher wanita di dunia, khususnya Indonesia. Tanpa panjang lebar, berikut interviewnya :



WP : Wiku Pulangasih
ED : Ekaterina Dobrokhotova

WP  :  When and How did you find magic as your hobby and profession?


I was introduced to magic at a very young age due to the fact that I loved the Russian Circus. I loved watching the Circus so much that I learned to juggle and by the age of 10 I wanted to be a juggler...

Later, my passion for juggling passed due to school and lack of interest.

When I was a young teenager, I received a magic box for Christmas from my mother, which only discouraged me to learn magic because it was all written instructions and crappy props, but I did retain a couple of tricks from it.

I tried searching the Internet for magic, but it seemed so secret to me and hard to obtain.

When I was 16, I finally got access to magic DVD’s and just started to learning tricks and only one year later, I was performing my first gig.

At 17, I found out about card manipulation via Youtube videos of very skilled individuals, which greatly influenced my magic.

I am a magician/card manipulator on a professional level for 5 years now.


WP : Kapan dan bagaimana anda menemukan magic sebagai hobi dan profesi?

"Saya mengenal magic sejak usia yang sangat muda, karena saya sangat menyukai sirkus Rusia. Karena pengaruh sirkus tersebut, saya mulai mempelajari teknik "juggling" (seni melempar dan menangkap bola di sirkus), dan pada usia 10 tahun saya memutuskan untuk menjadi professional juggler."

Kemudian, antusiasme saya dalam dunia juggling mulai pudar seiring dengan masa sekolah dan kurangnya rasa ketertarikan

Saat menginjak usia remaja, saya mendapatkan hadiah berupa seperangkat kotak magic untuk hadiah natal dari ibu saya, tapi hal itu justru membuat saya segan untuk mempelajari magic, karena hadir hanya dalam bentuk instruksi, dan alat-alat di dalamnya tidak terlalu bagus. Namun, saya berhasil mempelajari beberapa trik sulap dari peralatan tersebut.

Kemudian, saya mencoba mencari di internet tentang magic, namun saat itu masih sangat sulit dan terlihat rahasia.

Saat berusia 16 tahun, akhirnya saya mendapatkan kesempatan pertama untuk belajar melalui DVD sulap dan mempelajari trik sulap, dan satu tahun kemudian, saya tampil di show magic pertama saya di panggung.

Pada usia 17 tahun, saya mulai mengetahui seni tentang manipulasi kartu di Youtube dari orang-orang berbakat, dan kemudian hal itu sangat mempengaruhi magic saya.

Saat ini, saya telah menjadi seorang magician/ card flourisher profesional selama 5 tahun.




WP : Who do inspire you in magic and card flourish?

Many very talented individuals inspired me to pick up magic and card flourishes.

I have to admit that the first Magician that impressed me on Television was David Blaine. I still perform his way of doing the ambitious card routine. He fooled me when I was a beginner and that inspired me to figure out the magic behind it.

The first card manipulator I saw was mainly Jeff McBride with his card manipulation DVD’s. After watching his material, I thought I would never be able to do that.


WP  :  Siapa yang menginspirasi anda dalam magic dan card flourish?


Sangat banyak orang-orang yang sangat berbakat yang menginspirasi saya dalam dunia sulap dan Card Flourish.

Saya akui, magician pertama yang berhasil memukau saya di televisi adalah David Blaine. Hingga saat ini, saya masih memainkan rutin Abitious Card dengan gayanya. Ia berhasil menipu saya saat saya masih pemula, dan hal itu justru membuat saya untuk mencoba mengetahui rahasia di balik magic.

Card manipulator pertama yang saya lihat adalah Jeff Mc Bride dengan DVD Card Manipulation-nya. Setelah menyaksikan DVD-nya, saya berpikir bahwa saya tidak akan pernah bisa melakukan hal-hal di dalam DVD tersebut.


WP : Magic and card flourish so far could be considered as "unusual" hobby for female in the society. How do the people around you (family, friends, etc) react to your hobby? And what do you think about the future prospect of the emergence of female magician and card flourisher?



I think that magicians around me consider flourishing as juggling. I do not hide the fact that I was and still am partially a juggler, but what I do is a different type of juggling.


My friends are impressed with the dexterity of my hands, but it does not leave them with the same reactions as my magic.

I think they prefer magic over flourishing when I perform, but they love both.

My family always encouraged me to pursue my passions. My little sisters are my best spectators and probably know most of my tricks by now. My mother is extremely supportive and helped me get my first gig.



WP  :  Magic dan card flourish sejauh ini sering dianggap sebagai hobi yang "tidak normal" bagi seorang wanita. Bagaimana orang-orang di sekitar anda menanggapi hobi anda? Dan bagaimana menurut anda prospek munculnya lebih banyak magican wanita dan card flourisher wanita?
 

Saya berpikir bahwa magician di sekitar saya menganggap flourish sebagai juggling. Saya tidak menyembunyikan fakta bahwa sebagian dari diri saya masih seorang juggler, tapi apa yang saya lakukan sekarang adalah jenis juggling yang sangat berbeda.

Teman-teman saya sangat terkesan dengan keterampilan tangan saya, tapi hal itu tidak membuat mereka bereaksi seperti saat saya memainkan magic.

Saya rasa, mereka lebih menyukai saat saya memainkan magic daripada flourish, tapi saya rasa mereka menyukai keduanya.

Keluarga saya sangat mendukung saya untuk meraih apa yang saya inginkan. Adik perempuan saya adalah penonton terbaik dan mungkin ia yang paling banyak mengetahui trik saya saat ini. Ibu saya juga sangat suportif, dan membantu saya dalam mendapatkan show magic pertama saya di panggung.


WP : Which one do you like better, "card magic" or "card flourish"?


I love both... I mean card flourishing is more for my own pleasure and magic is more for the pleasure of others. I am only satisfied when I do both.


WP  :  Mana yang lebih anda sukai, "sulap kartu" atau "card flourish"?

Saya menyukai keduanya....maksud saya, Card Flourish lebih untuk kepuasan saya sendiri, sedangkan Card Magic saya tampilkan untuk kepuasan orang lain. Saya hanya bisa merasa puas jika saya melakukan keduanya.



WP : Some people said that card flourish may weaken the magical effect in card magic. What is your opinion about this statement?

I disagree. I think magic has to be a combination of both. Then again, it depends on your character as a magician. I present myself in an elegant way, so for me to drop my deck of cards to make the magic stronger is only going to make me look bad. However, when I approach a group of people with style and flair with cards, they know that I know what I am doing and that I am professional at what I do.

I believe that doing tricks with and without flourishes is a must. I have routines where I barely even touch a deck of cards and that is strong to the spectators after they saw what I can do when I do manipulate.
Giving control of the deck to my spectators is my favorite thing.


WP  :  Beberapa orang menganggap bahwa card flourish bisa memperlemah efek magis dalam sebuah sulap kartu. Apa tanggapan anda mengenai pernyataan ini?

Saya tidak setuju. Saya pikir, magic harus menjadi sebuah kombinasi antara keduanya. Kemudian, itu kembali kepada karakter anda sebagai seorang magician. Saya mencoba menampilkan karakter saya sebagai magician yang elegan, jadi, untuk saya, hal-hal seperti menjatuhkan dek kartu untuk membuat efek magis terasa lebih kuat justru akan membuat saya terlihat lebih buruk. Namun, saat saya mendekati sekelompok orang yang terlihat ahli dalam memainkan kartu, mereka tahu apa yang saya lakukan, dan mereka akan berpikir bahwa saya adalah seorang profesional.
Saya percaya bahwa sebagai magician, kita harus bisa memainkan trik dengan ataupun tanpa floursih. Saya mempunyai sebuah rutin di mana saya bahkan tidak menyentuh kartu saya, tepat setelah penonton melihat saya melakukan card flourish dan manipulasi. Memberi kontrol penuh dek kartu anda kepada penonton adalah hal favorit saya.


WP : Any tips for practicing/ training magic or card flourish?



There are little secrets and tips that become very helpful when learning specific moves. I’d love to share some of my tips, but for now I will give a general answer. You need to practice and you need to make it a lifestyle.

For example, when you go to the gym and workout, you stay fit. If you stop going to the gym, you start to gain weight and lose your fitness level. I would say that it is exactly the same thing with card flourishing.

For magic, on the other hand, one must not only practice, but also perform. Perform everywhere, anything and to anybody. You cannot practice magic without performing to a real audience. Any opportunity is a good one when it comes to showing a trick.
Performing live allows you to study from the crowd and learn how to manage your audience, so do it!


WP  :  Ada tips untuk berlatih magic atau card flourish?

Ada beberapa tips dan rahasia yang bisa membantu anda sangat banyak dalam mempelajari gerakan-gerakan tertentu. Kali ini, saya akan mencoba memberikan tips secara umum : Anda harus berlatih, dan anda harus membuatnya menjadi sebuah gaya hidup.

Contohnya, jika anda pergi ke gym secara teratur, anda akan menjadi sehat. Apabila anda berhenti pergi ke gym, berat badan anda akan bertambah, dan anda tidak akan se-fit sebelumnya. Hal ini berlaku sama dan bisa diterapkan dalam dunia card flourish.

Untuk magic, anda tidak hanya harus berlatih, tapi juga menampilkan magic anda. Tampillah di mana saja, kapanpun, untuk siapa saja. Anda tidak bisa berlatih amgic tanpa memainkannya ke orang lain. Setiap kesempatan adalah kesempatan emas untuk memainkan trik anda. Melakukan live performance membuat anda mampu mempelajari keramaian dan mengatur penonton, jadi lakukanlah!


WP : Your videos are awesome. Which one is your favorite? And for card flourish, which move do you like best?

My favorite videos of mine would have to be the Arcane ones because I put a lot of time and effort as well as original material into those videos.


WP  :  Video-video anda sangat luar biasa. Mana yang paling anda sukai?


Video favorit saya adalah video dengan deck Arcane karena saya mengalokasikan banyak waktu dan usaha, dan juga material yang original untuk membuat video itu.


WP : Any words to encourage female magician/ card flourisher in the world?


We have the finest fingers... we have the market... we have the beauty and elegance...so why not? I had females approaching me with the desire to learn and I would love to release my learning material with the hopes that it will encourage them to pick up this art. They will be able to see that everything I do is possible with my size of hands and that there is really no excuse. What am I saying...please do not become magicians/flourishers because that will mean that I will have more competition lol. Just kidding. I’d love to be a good example :).


WP  :  Ada beberapa patah kata untuk memberi semangat magician dan card floursiher wanita di dunia?


Kita mempunyai jari-jari terbaik...kita juga mempunyai pasar...kita mempunyai kecantikan dan keanggunan, jadi, kenapa tidak? Saya beberapa kali menemukan beberapa wanita mendekati saya dengan keinginan untuk belajar, dan saya akan sangat senang untuk berbagai materi-materi yang saya pelajari dengan harapan bisa membuat mereka menyukai seni ini. Hal ini akan membuat mereka mengetahui bahwa semua hal yang saya lakukan dengan ukuran tangan saya adalah mungkin, dan tidak ada alasan bahwa saya tidak bisa menjadi magician atau florisher karena tangan saya terlalu kecil. Apa yang saya coba katakan untuk para wanita adalah, tolong jangan menjadi magician atau card flourisher, karena saya akan mendapat banyak saingan. Hahaha...tentu saja saya hanya bercanda. Saya sangat senang dan berusaha menjadi contoh yang baik :)



Belakangan ini, Ekaterina juga mengikuti suatu kompetisi di website Stonyfield. Jika anda berminat untuk mendukung Ekaterina, anda bisa mengunjungi halaman http://stonyfield.ca/en/promotions/id/42/s/v#c dan mengklik tombol "Cast to Vote" tepat di bawah video.  Kompetisi akan berakhir tanggal 8 Desember, jadi dukung Ekaterina semaksimal mungkin.  Informasi lebih jauh mengenai Ekaterina juga bisa didapatkan di link berikut  :

http://www.ekaterinamagic.com/
http://www.youtube.com/user/BaByCatXD 

Itulah seorang Ekaterina Dobrokhotova, magician profesional yang terus mengembangkan dirinya untuk menjadi lebih baik.  Jadi, jangan pernah merasa cepat puas, dan kembangkan terus kemampuan magic anda.
Keep doing magic!
Wiku Pulangasih the Online Magician
Hyderabad, 6 Desember 2010

0 komentar:

Posting Komentar

 
;