Jumat, 19 November 2010

Indonesian Female Card Flourisher

Beberapa waktu yang lalu, blog Wikumagic sempat membuat artikel tentang card flourisher wanita, Ekaterina (artikel bisa dibaca di link berikut : http://www.wikumagic.org/2010/11/female-card-flourisher-ekaterina.html. Bagaimana dengan card flourisher wanita dari Indonesia?

Awalnya saya sempat pesimis setelah mencoba mencari video tentang card flourisher wanita di Indonesia. Beberapa sumber mengatakan, sebenarnya cukup banyak card flourisher wanita, namun sangat jarang yang mempublikasikan aksinya dalam bentuk video. Memang, hobi ini terbilang cukup "aneh" untuk ditekuni seorang wanita.

Ternyata, pesimisme saya tidak berlangsung lama. Secara kebetulan, saya menemukan sebuah video kompilasi Card Flourish dari bung Sham Mingkid (salah satu senior di forum Indonesian Card Artist) yang melibatkan dua card flourisher wanita. Setelah saya melakukan riset, ternyata kedua card flourisher tersebut adalah sepasang kakak beradik, Nie Henny Widyastuti (Henny) dan Putri Rineka Bella (Bella). Berikut aksi mereka dalam video yang berjudul "Holiday"


Nah, untuk mengenal lebih jauh kedua Card Flourisher wanita dari Indonesia ini, tim Wikumagic mencoba mengadakan interview via Facebook. Berikut interviewnya :

WP (Wiku Pulangasih)
H (Henny)
B (Bella)

WP  : Sejak kapan kalian tertarik belajar flourish? Apa alasannya?

H: Baru mulai nyoba2 belajar flourish tuh sktr bln april kmrn. Alasannya krn kalo ngeliat org main flourish tuh kayaknya seru bgt, asik aja gt..jadi ikut tertarik deh
B: awalnya sih Cuma nyoba2 doang, gara2 ngeliat pacarnya kk aku main flourish. Dan ternyata flourish itu seruu+asiik walopun agak ribet sih. Aku belajar flourish kalo gasalah tgl 5 mei 2010, alasan aku tertarik sama flourish tuh menurut aku flourish itu ribeet tapi justru karena ribetnya itu yang bikin aku jadi pengen banget ngulik flourish. Dan karena belum banyak orang yang tau flourish, jadi sekalian pengen ngenalin tentang flourish juga ke orang2.



WP  :  Siapa tokoh yang menginspirasi / tokoh favorit kalian belajar flourish? Apa gerakan flourish favorit/ andalan kalian?


Bella and Triangle Display


H: Daniel Madison, Dan and Dave, Andrei Jikh, Ciappi, Ekaterina, pokoknya yg kira2 movenya keren deh dan asal gampang juga untuk diikutin. B4 cut, werm, lethal x, Pandora, carnahan, fan, backflip.
B: Daniel Madison, soalnya kalo belajar lewat tutorial2nya Daniel Madison tuh cepet bisanya haha.. sama Ekaterina, dia sangat bikin aku jadi makin tertarik buat belajar flourish karena dia satu2nya flourisher cewe yg udh terkenal dimana-mana. Gerakan favorit: Pandora_Dan and Dave;Lethal X_Daniel Madison;Detox_abeeG.



WP  : Card Flourish kan termasuk hobi yang "aneh" buat cewek, apa tanggapan keluarga/ teman kalian tentang hobi ini?

Henny, B4 Cut

H:Awalnya sih keluarga/tmn ga ada yg tau card flourish tuh apa, karena mereka taunya orang yang main kartu itu magician. Setelah dijelasin dan ak kasih liat video2 card flourish..baru deh mereka ngerti dan mereka semua ngedukung kok, malah beberapa teman minta diajarin card flourish jg hehe..
B:kalo tanggepan keluarga sama sih sama apa yg dibilang k’Henny. Kalo tanggepan temen2 aku, awalnya mereka pada berpikir kalo aku itu magician, yaa walopun mereka akhirnya tau kalo flourish itu ga ada sangkut pautnya sama sulap. Sebagian temen aku ngedukung aku didunia flourish, tapi ada juga beberapa yg gasuka ngeliat aku main flourish, mereka beranggapan kalo cewe itu gapantes untuk mainin kartu alias jadi flourisher.



WP  :  Dari mana kalian belajar move flourish? Apa kartu yang biasa dipakai untuk flourish?

H: Pertama kali dikenalin card flourish sih dari pacar sendiri heheh..jadi cuma nyoba2 aja. Eh..malah beneran tertarik deh smpai skrg Hm..kartu pertama yg ak mainin sih bicycle standard n pastel pink, klo sekarang dah lmyn pnya beberapa kartu tapi yg suka dpake sih bicycle tetra, scorpion, lefty deck, tally ho.
B: ya kalo aku pertamanya tau dari pacarnya kk aku dan kk aku sendiri =D, awalnya sih belajar move2 flourishnya cuma nanya2 aja ke pacarnya kakak aku, tapi kalo sekarang2 sih belajarnya lewat tutorial2 gitu. Kartu yg biasa dipakai kalo buat latihan2 doang sih kartu bicycle pastel green, tapi kalo buat ada acara2 gitu sih kartu tally ho viper deck.



WP  :  Apa pengalaman paling berkesan kalian saat menggeluti dunia flourish? Suka-duka dengan card florurish?

H: sukanya kalo lg jalan2 trus sambil main flourish, pasti org2 tuh pada lgsg ngeliatin. Kadang mereka ngeliatinnya dgn tampang yg aneh, takjub, senyum2, dll..mungkin krn mereka aneh aja ngeliat ada 2 cewe (aku&bella) yg asik main krtu, apalagi si bella yg msh kecil..makin takjub lah mereka..hahaha!!
Dukanya, hmm..mgkn skrg krn dah mulai kerja, jd dah jarang ngulik2 move lain. Soalnya dah pusing duluan kalau ga bisa2…hahahahaha
B: pengalaman yg paling berkesan semenjak menggeluti dunia flourish yaitu, kartu sering beberapa kali hampir disita sama guru disekolah haha =D+ditegur sama guru (walopun ga kapok2 bawa kartu kesekolah). dukanya, jarang bisa ikutan gathering2 komunitas flourish, ga punya temen buat main flourish bareng, apalagi yg seumur :p. sukanya, jd bnyk org yg takjub kalo ngeliat aku main flourish, pokoknya banyak deeh suka dukanya sama card flourish! Yang jelas card flourish tetep hobi yg paling asik =)




WP  :  Video flourish kalian, "Holiday", sangat menarik. Ada cerita atau pengalaman menarik di balik pembuatan video?
H &; B: Hm..sebelumnya kita bertiga (aku, sham, bella) emang mau buat video flourish. Jadi pas weekend kita ke suatu tempat yang kira2 asik untuk ngambil videonya. Eh pas sampai disana malah ujan!!! Berhubung dah sampai disana jadi kita tetep buat video deh. Cumaaaa main kartunya jadi hati2 banget!!! Soalnya kan ujan, jadi takut kartunya pada basah gitu..hahahaa. Udah gitu kita main kartunya ditengah2 org yang duduk sambil neduh dan kita jadi pusat perhatian deh..untung dah pasang muka tembok hehehe :p



WP  :   Di Indonesia (bahkan di dunia) kan masih sangat jarang card flourisher wanita. Gimana tanggapan kalian? Ada rencana untuk serius di dunia flourish?
H: Bener..bukan jarang lagi tp langka bgt!!! Yaa..mudah2n kedepannya byk cwe yg tertarik ma card flourish..jadi skalian mengubah image klo bukan cwo aja yg bs main flourish tapi cwe jg!! Ak sih pengennya sih jadi penerusnya Ekaterina…heheh..amiiiin!! Tp msh byk pe-er bgt tuh tuk bs jd kayak dia…doain aja yaaaa
B: nah! Iya bener tuh, karena card flourish cewe emg jaraang banget, aku sih pngnnya card flourish lebih diperkenalkan ke masyarakat aja duluu, biar masyarakat ga menilai flourish itu suatu hobi yg ga pantes buat para perempuan dan biar masyarakat ga berpikiran negative tntng flourish. Aku sih niat banget buat serius di dunia card flourish ini! Soalnya pengen banget nunjukin ke orang2 kalo flourish itu bukan suatu hobi yg ga penting. =)



WP  : Selain Card Flourish, apa kalian juga belajar card magic? Pernah perform flourish/ card magic di mana aja?

H: Ga sih..soalnya emang ga bs..enakkan jd penikmat drpd magician heheh :p
Perform?? Waaah..belum pernah sama skali tuh!! Soalnya ak tuh blm bs apa2..msh perlu belajar banyak deeh..
B: aku jg ga pernah bljr card magic, abisnya ga terlalu tertarik sama yg namanya magic sih haha =D.. perform flourish sih beluum pernaah.. sama kaya k’Henny, aku belum punya move yg byk utk bs show dan ak msh nervous bgt klo tampil ddepan org byk...hehe



WP  :  Ada tips/ trik untuk belajar flourish yang mau di-share ke teman-teman? Harapan ke depan untuk perkembangan Card Flourish di Indonesia?

H&B: siapa pun bisa belajar flourish, ga ad batasan usia/gender/status sosial. Asal mereka suka, punya rasa penasaran yg tinggi, dan mau tuk belajar..move apa aj..apalagi yg susah smua psti bisa kok..asal rajin2 ngulik aja dan mau saling berbagi ilmu. Harapannya utk kdepan, mdh2n card flourish di Indonesia trs berkembang dan jgn mu kalah ma orang-orang yang ada di Negara lain.


WP  :  Silakan kalau ada lagi yang mau ditambahkan sama Putri/ Henny, yang belum ditanyakan. Profil singkat (Nama, Tanggal Lahir, Email Facebook kalau boleh di-share, Pekerjaan, dll)

H: hm..card flourish itu BUKAN sulap loh :p (Henny, 24 Okt 1987, facebook Nie Henny Widyastuti, Wiraswasta)
B: cuma pngn nambahin aja, jgn beranggapan kalo flourish itu magic! Sebenernya flourish itu ga ada sangkut pautnya sama dunia magic.=D (Bella, 16 Jan 1998, facebook Putri Rineka Bella, pelajar)


Nah, itu tadi sedikit sharing dari kedua Card Flourisher wanita dari Indonesia.  Secara pribadi, saya berharap artikel ini bisa memicu pembaca blog Wikumagic untuk lebih mengapresiasi Card Flourish, atau bahkan terjun ke dalam dunia card flourish.  Tentunya, flourish bisa menjadi sebuah hobi positif bagi remaja Indonesia, dan bisa menjadi salah satu alternatif untuk berprestasi dan menyalurkan bakat.
Finally, maju terus dunia flourish Indonesia!


Artikel ini ditulis oleh Wiku Pulangasih the Online Magician,
 Hyderabad, 20 November 2010,  00:44 AM


Jika anda menyukai artikel ini, mohon kunjungi link sponsor di bawah untuk mendukung kelangsungan blog Wikumagic

0 komentar:

Posting Komentar

 
;