Senin, 22 November 2010

R0T473 2.0 (Card Flourish Tutorial)

Tutorial ini disubmit oleh Yana Tri Wardana ke blog Wikumagic via Facebook.

Sebenarnya aku bukan murni cardistrian, aku juga belajar banyak tentang magic semenjak acara TV The Master Season 1, dan juga khususnya dari blog WIKUMAGIC ini. Card Flourish begitu melekat dalam diriku sampai 12 bulan terakhir. Entah kenapa belakangan ini aku meras card flourish lebih menarik disbanding magic itu sendiri. Aku tadinya begitu asing dengan seni memainkan kartu yang satu ini, card flourishlah yang membuat kubingung dan penasaran. Aku pertama kali melihat perform routine card magic saat The Master Season 4 dimana ketika itu Ivan (salah seorang master close-up) memainkan beberapa card flourish diperformnya, aku begitu takjub melihatnya. Berikut tutorialnya :


Terpikir dibenakku, bisakah aku seperti itu ?, dan hati kecilku menjawab ya, aku harus mencari tahu caranya, lalu kusearch di youtube.com kata-kata seperti ”card trick”, dan muncullah judul baru XCM, Flourish, oh ternyata namanya itu ya. Kubuka banyak sekali video-video XCM, dan munculah nama-nama seperti Daniel Madison, Brian Tudor, Dave &Dan Buck, dsb. Wah gerakan mereka indah-indah dan sulit juga. Aku tahu butuh proses untuk seperti mereka dan usaha ekstra untuk mempelajari setiap gerakannya, walaupun kutahu, aku tak bisa mempelajari semua gerakan itu dengan sempurna.

Hanya bermodal setumpuk kartu kurang dari 5 ribu aku mencoba berlatih secara autodidak sampai sekarang, dan hasilnya diluar dugaan jariku jadi lemas dan lentur juga, kaya pemain-pemain musik atau penari-penari. Aku memang belum dikatakan mahir dalam bidang ini tapi aku selalu berusaha untuk bisa dan” mengaransemen” setiap gerakan yang sudah kupelajari. Bagiku mempelajari Card flourish adalah sesuatu yang asyik, seasyik orang memainkan “sikulit bundar” dikakinya, namun aku memainkannya dijari-jari tanganku.
Ketika kulihat banyak flourish-flourish bermunculan di dunia maya aku jadi terpancing untuk membuat video serupa, siapa tahu dari awalnya mencoba-coba bisa jadi kaya mereka akhirnya (benar ga?), dan ketika melihat ada penawaran untuk memasukkan video di blog wikumagic, ya sudah aku mencoba merekamnya, semoga berguna.

Thank’s buat sahabatku Amett H Riry yang setia meminjamkan kameranya dan mau merekam setiap perform magicku, tanpa kamu mungkin aku sulit bikin video-video.

Aku tak menyebutkan berapa gerakan atau gerakan sesulit apa yang sudah kubisa, paling tidak aku memiliki 2 gerakan yang lumayan gampang dan bagus untuk dipelajari untuk pemula-pemula card flourish. Yang pertama R0T473 2.0, bisa diartikan berputar atau berotasi sesuai movenya yang berputar-putar 2.0 adalah pengembangan dari move sebelumnya R0T473 (tanpa 2.0) buka Yana520 di youtube.com/. Gerakan ini terinspirasi dari 3 move simple yang saya pelajari di youtube (Little Genesis, Delusionalnya ‘D.Madison), dan Neutrino) dan selebihnya move saya.

Yang kedua adalah CardIovaskular/ carlovaskular. Sebenarnya gabungan dari 3 kata Card, Lova, Skular,,dipelesetkan jadi cardiovascular (berhubungan dengan jantung dan pembuluh darah), dalam sebuah kalimat diartikan “kecintaanku pada kartu seperti eratnya hubungan jantung dan pembuluh darah”. Gerakan ini terinspirasi dari move flourish sybill cut dan nitroze cut.

Tips dan saran dalam mempelajari Card flourish bagi pemula
1. Satu-satunya mengalahkan kata sulit dalam belajar card flourish adalah dengan mencobanya dan belajar dari kesalahan, jadi jangan pernah menyerah berlatih
2. Jangan dulu belajar dengan kartu-kartu mahal untuk belajar card flourish (kalau mahal cepat rusak, cepat rugi karena kartu pasti sering jatuh diawal belajar) yang terpenting sesuai dengan ukuran telapak tangan dan kondisi masih bagus
3. Sering-seringlah melatih move yang sudah bisa dan ditambah inovasi-inovasi move ciptaan kita sendiri, santai saja.
4. Jangan pernah puas dan sombong dengan apa yang sudah kita bisa, diatas langit pasti ada langit

Profil
Nama : Yana Triwardana
Domisili : Bandung, Jawa Barat
Aliran Magic : Mentalist, Cardistri
Usia : 21 tahun
Pekerjaan : Mahasiswa
Hobi : Baca buku, buka internet, mencari sesuatu yang baru
e-mail FB : Yana Triwardana (yanatriwardana@yahoo.co.id)
Youtube : Yana520 (My Channel on youtube) 

P.S.
Apabila anda berniat mempublikasikan tutorial maupun aksi anda dalam card flourish ke blog Wikumagic, silakan kontak saya via Facebook di alamat berikut  :

Jika anda menyukai artikel ini, mohon kunjungi link sponsor di bawah untuk mendukung kelangsungan blog Wikumagic

0 komentar:

Posting Komentar

 
;