Sabtu, 31 Juli 2010

Interview with Ndhikaa Madison, Card Artist from Indonesia

Sejauh ini, kita sudah mengenal banyak Card Artist (Card Flourisher) luar negeri, mulai dari yang sangat profesional dengan berbagai video tutorialnya seperti Daniel Madison, Dan and Dave Buck, Brian Tudor, Bone Ho dan lain-lain. Bagaimana dengan Card Artist dari Indonesia?

Sejauh ini memang belum ditemukan Card Artist yang benar-benar bisa menembus dunia entertainment Indonesia, baik sebagai performer di atas panggung publik (televisi), ataupun sebagai tutor dalam video Card Flourish. Card Artist bahkan masih kalah populer dibandingkan dengan Card Magician yang sudah akrab di kalangan masyarakat Indonesia. Namun, potensi perkembangan Card Flourish Indonesia sangat positif, dan bukan tidak mungkin popularitasnya akan terus meningkat di tahun-tahun mendatang.

Mengapa saya berani berkata demikian? Beberapa waktu yang lalu, ketika saya sedang browsing tentang Card Flourish di Youtube, saya menemukan sebuah video Card Flourish yang sangat menarik. Video dibuat dengan sangat artistik, dan kemampuan sang Card Artist dalam memainkan flourish tidak kalah dari artis luar negeri. Yang membuat saya makin heran, ternyata video tersebut dibuat oleh Card Flourisher dari Indonesia, Ndhikaa Madison.  Tambahan info, video ini juga berhasil menjadi juara 1 dalam Tim Burton Contest yang diadakan oleh forum Card Flourisher internasional, The Cuso (http://www.thecuso.info/2010/04/tim-burton-competition-1st-place-headsack.html)


Tak lama kemudian, saya langsung memutuskan untuk mengadakan interview dengan sang Flourisher. Interview ini bertujuan untuk meningkatkan apresiasi pecinta magic Indonesia terhadap dunia card flourish, sekaligus untuk berbagi ilmu dan pengalaman pada teman-teman yang sedang mendalami card flourish. Berikut interview saya via Facebook dengan Ndhikaa Madison :

WP (Wiku Pulangasih)
NM (Ndhikaa Madison)

WP : Sejak kapan Ndhika tertarik mendalami Cardistry? Kenapa bisa tertarik dengan seni ini?
NM: kalo ngga salah itu sejak february 08.. karna seru, visually awesome, kreatif & pure skill.


WP: Dari mana Ndhika belajar Cardistry?
NM: dari dvd, buku-buku sleights yang udah tua, sharing / jamming (baca : perform card flourish di depan publik) , internet , dll. whatever i can get lah buat si cardistry ini, hehe..



WP: Siapa Card Artist favorit Ndhika? Apa alasannya?
NM: banyak, dan bisa berubah2 tiap waktu.. salah satunya yang paling menginspirasi itu Brian Tudor. soalnya dia itu bisa dibilang pelopor revolusi card flourishing.. dan udah banyak nginspirasi "big names" juga di dunia cardistry(Buck Twins, Daniel Madison, dsb).

WP: Kira-kira berapa waktu yang diperlukan untuk berlatih flourish dalam satu hari, sampai Ndhika berhasil mencapai level ini?
NM: mungkin minimal 1 atau 4 jam cukup.. karna latihan jadi santai.. dan jarang ada flourisher yang nyempetin waktu khusus buat latihan. biasanya sambil beraktifitas(nonton tv, masak, belajar, dsb).

WP: Apa gerakan flourish favorit/ andalan Ndhika? Apa alasannya?
NM: banyak, tapi saat ini, "Tripod". karna keliatannya bagus dan rare, dan sebelum video headsack di publish belum ada display triangle + 3 kartu.. sekaligus matahin teori sulitnya ngembangin display triangle..


WP: Ada tips/ trik buat temen2 yang belajar flourish? Darimana mereka harus mulai belajar? Gerakan apa saja yang sebaiknya dipelajari sebagai fondasi/ basic flourish?
NM: yang pertama, siapin niat dulu. kalo udah niat, ga bakal ada yang bisa ngalangin kalian.. keterbatasan sumber pun ga bakal jadi halangan. kedua latihan, terakhir perkuat imaginasi & originalitas. dengan itu cepat / lambat kalian bakal jadi cardist(lebih tepatnya seniman) yang di respect & dikenal dunia.

cara belajar cepatnya itu bisa dari coba belajar dasar 1 move tiap genre(cuts, fans, drops, aerials, utility). contohnya charlier,swing cut, thumb fan, spring, dsb. dengan itu nanti belajar yang lain-lainnya bakal gampang karna udah terbiasa.



WP: Kartu jenis apa yang sering dipakai Ndhika untuk perform? Ada tips pemilihan dan penggunaan kartu?
NM: perform(khusus / iseng), bikes.. tips memilih deck untuk perform : pake deck yang di powder buat meminimalisasi slip / jatoh / fan rusak.

soal milih / menggunakannya diluar performance.. tergantung personal taste juga sih.. yang umum biasanya gunakan 2 deck untuk latihan (1 untuk fanning, 1 lagi untuk sisanya supaya awet.)


WP: Bagaimana cara mengatasi rasa frustasi, kalau kita terus menerus gagal dalam melakukan sebuah gerakan flourish?
NM: jangan berhenti. anggap itu bisa dilakukan / mudah.. kita gagal cuma karena belum tau persis cara/mechanism-nya. penasaran itu perlu.



WP: Bagaimana prospek cardistry di Indonesia? Ada harapan tertentu ke depan seputar dunia flourish?
NM: dulu, lambat.. sekarang, huge!.. kemajuannya pesat banget.. harapannya sih cardistry bisa dikenal di indonesia, biar tiap kita latihan di tempat umum ngga kena tanggapan negatif / mislead kalo itu sulap.

WP: Video "Headsack" yang Ndhika buat di Youtube sangat menarik. Ada cerita dan inspirasi di balik video itu?
NM: Thank You.
cerita / inspirasinya itu dari film2nya Tim Burton, secara contestnya itu video cardistry dengan tema/feel dari sang sutradara terkenal tersebut.


WP: Selain flourish,apakah Ndhika juga tertarik pada card magic? Ada pengalaman main street card magic?
NM: dulu sih pernah.. tapi setelah tau apa yang di balik layar progress dunia sulap di indonesia jadi bawaannya males+kecewa+malu dan cukup bosen juga, so i decided to leave that "art", dan mulai berusaha menunjukkan ke dunia kehebatan indonesia lewat cardistry.

WP : Apa pengalaman paling berkesan selama mendalami card flourish?
NM : salah satu yang paling berkesan itu saat teman2 cardistry di salah satu worldwide forum melihat, menilai, menghargai video yang saya upload. bangga banget. 




Nah, itulah sosok Ndhikaa Madison, seorang Card Flourisher yang sangat berbakat dari Indonesia. Semoga interview ini bisa menambah pengetahuan teman-teman semua tentang dunia Card Flourish, dan tentunya, semoga dunia Card Flourish di Indonesia bisa berjalan seiring dengan perkembangan dunia magic, ke arah yang lebih baik.

Wiku Pulangasih,
The Online Magician
Jika anda menyukai artikel ini, mohon kunjungi link sponsor di bawah untuk mendukung kelangsungan blog Wikumagic

0 komentar:

Posting Komentar

 
;