Minggu, 17 April 2011

Magician Muda Internasional : Dari Youtube Menggapai Dunia

Kali ini, saya akan sedikit membahas tentang magician-magician internasional yang telah berhasil membuat prestasi besar dalam usia yang relatif muda. Setelah saya mengamati jalur karir mereka, hampir semua magician ini memulai perjalanan mereka dengan memposting video-video sulap mereka di Youtube. Karena kualitas video sulap yang bagus dan mendapat banyak respon positif dari viewers, industri magic profesional pun tertarik untuk merekrut mereka dan mengorbitkan nama mereka menjadi magician profesional di usia belia. Hasilnya, mereka berhasil mendapatkan ketenaran sekaligus penghasilan yang cukup besar dari dunia sulap. Siapa sajakah mereka? Berikut profilnya :

1. Andrei Jikh (Lahir tanggal 4 Januari 1989)


Pecinta card flourish pasti sudah sangat mengenal Andrei Jikh. Namanya dikenal karena gerakan-gerakan originalnya di dunia card flourish, contohnya B4 Cut, Backpack Cut, dan masih banyak lagi. Selain sebagai artist, Andrei Jikh juga sering berperan sebagai video card flourisher maupun magician lain di theory 11. Berikut adalah video "amatir" Andrei Jikh sebelum menjadi artist tetap Theory11. Video ini bahkan adalah video kontes Andrei Jikh untuk entry kontes yang diadakan oleh Theory11. Saat itu, status Andrei masih sebagai peserta kontes biasa.


Bisa kita lihat, video Andrei Jikh saat itu sudah berkualitas sangat bagus. Video inilah yang menjadi pemenang kontes Theory11 sekaligus membuka jalannya sebagai card flourisher dan magician profesional. Sekarang, dengan video tutorialnya "Genesis", Andrei Jikh sudah bisa disejajarkan dengan card flourisher yang lebih senior seperti Daniel Madison, Dan and Dave, Bone Ho, atau De'Vo.


2. Calen Morelli (lahir 5 Oktober 1990)


Magician ini mulai melambung namanya setelah merilis trik "Dresscode" bersama Theory11. Calen Morelli yang memiliki spesialisasi di bidang street magic ini kemudian mengeluarkan satu DVD tutorial berjudul "F(9)" dan satu efek tutorial berjudul "Clench". Yang cukup membuat saya kagum, Calen Morelli berniat untuk membuat suatu "365 days of magic", di mana dalam satu tahun ia akan mengupload setiap hari satu buah video magic ke channelnya di Youtube berikut ini http://www.youtube.com/user/CalenMorelli, dan hingga artikel ini dibuat sudah memasuki hari ke 174. Berikut adalah contoh video Calen Morelli yang ia buat sebelum diangkat menjadi seorang profesional, dan diikutkan dalam sebuah kontes.


Cukup mengejutkan, karena video ini adalah video card flourish dan dibuat dengan teknik pengambilan gambar dan editing yang sangat sederhana. Bandingkan dengan video-video profesionalnya, contohnya "F(9)" berikut ini :


Baru-baru ini, saya mendapat kabar bahwa Calen Morelli direkrut sebagai salah satu tim kreatif David Copperfield, dan karena pekerjaannya itu ia kini bisa tinggal di apartemen mewah di Las Vegas. Salah satu magician muda yang luar biasa kreatif.


3. Zach Mueller (tidak disebutkan tanggal lahirnya, tapi menurut saya 1 atau 2 tahun lebih muda dari Calen Morelli)



Jika anda adalah subscriber di Theory11 channel, anda pasti hapal dengan sosok Zach Mueller. Di usianya yang sangat muda, Zach Mueller boleh dibilang sebagai "ujung tombak theory 11". Ia adalah presenter tetap program "The Insider", suatu video update yang memberitakan tentang berita terbaru seputar dunia magic dan Theory 11. Terus terang karena penampilannya yang terkadang konyol di "The Insider", saya sempat meragukan kemampuan Zach dalam dunia magic ataupun card flourish. Namun setelah mengunjungi Channel Youtube-nya dan melihat video ini, keraguan saya terhapus.


Ternyata Zach Mueller sudah aktif membuat video dan review seputar produk magic sejak 4 tahun yang lalu. Saya cukup terkejut ketika melihat video ini, karena saat itu Zach masih sangat kecil.


Dan berikut adalah contoh penampilan Zach Mueller di "The Insider"


Zach Mueller adalah duta resmi Theory11 di acara MagicCon 2011 di San Diego; sebuah konferensi magic Internasional terbesar tahun 2011. Tampaknya di masa depan, Zach Mueller akan menjadi salah satu bagian penting dari Theory 11.


Nah, itu tadi adalah sedikit contoh beberapa magician muda yang bisa mendunia karena ketelatenan mereka dalam menunjukkan dirinya melalui video-video magic yang diupload di Youtube. Sebagai pecinta magic, saya menunggu kemunculan sosok serupa di dunia magic Indonesia. Oleh karena itu, saya berpesan kepada teman-teman pembaca blog Wikumagic untuk tidak ragu dalam mengekspresikan diri anda melalui video. Upload video anda ke Youtube, dan tunjukkan kepada dunia kemampuan anda bermain sulap. Akan lebih baik lagi jika video yang diupload tidak hanya "asal dibuat". Cobalah untuk melakukan sedikit editing, menambahkan musik, di-shoot dengan kualitas yang baik, dan dikemas apik sehingga terlihat profesional. Bukan tidak mungkin suatu saat industri sulap profesional tertarik dan merekrut anda menjadi bagian timnya dan anda bisa mengulang kisah sukses Andrei Jikh, Calen Morelli, ataupun Zach Mueller. Berminat? Ikutilah Wikumagic Indonesian Magic Competition Season 2 sebagai langkah awal. Keep doing magic!

Wiku Pulangasih
Hyderabad, April 17th 11:54 PM

Kunjungi artikel-artikel sulap terbaik lengkap dengan video tutorial untuk menambah wawasan anda seputar dunia magic  
#. Tutorial Gratis Street Magic Dengan Efek Terkiller
#. Rahasia dan Konsep Dasar Trik Mentalism

0 komentar:

Posting Komentar

 
;